Jumat, Oktober 02, 2009

Happy batik day!


Yeaayy akhirnya batik diresmikan juga sebagai warisan budaya tak benda dari Indonesia oleh Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO)! :D
Akhirnya legaaa banget setelah sebelumnya batik diakui oleh negara tetangga yaitu Malaysia, gw sebagai warga negara Indonesia benar2 bangga & senang banget2 karena batik sepenuhnya 100% milik Indonesia!
Well, menurut Guru besar Arkeologi Universitas Gajah Mada, Timbul Haryono, yang gw kutip dari harian KOMPAS Kamis tanggal 2 Oktober ini, mengatakan, teknik membatik sesungguhnya bukan sebuah penemuan yang tiba-tiba. Batik merupakan sebuah proses panjang pengolahan kain yang terus dikembangkan secara turun-temurun. Proses ini seharusnya tidak berhenti meski batik telah diakui sebagai warisan dunia.
"Batik itu bukan sekedar kain, bahan, corak, atau warna. Batik adalah proses dan terdapat arti filosofis di dalamnya. Semua orang -bukan hanya negara- bisa saja membuat dan mengklaim batik adalah miliknya, namun hanya batik Indonesia yang memiliki filosofis, nilai-nilai historis, dan memiliki "roh" pada motif-motif batiknya."

Carmanita - Designer

Selain itu ya, batik itu juga benar2 memiliki keunikan tersendiri loh! Keunikan itu terdapat dari bahan pembuatannya. Yaitu penggunaan 'malam' atau campuran sarang lebah, lemak hewan, dan getah tanaman! Ga kebayang kan segitu hebatnya orang2 dulu which is nenek moyang kita bisa membuat corak kain dari bahan2 tersebut! 4 jempol deh buat batik Indonesia! :D Oiya, macam2 batik itu sendiri berasal dari daerah2 juga. Seperti yang terkenal nih ya, batik Solo, Jogja, Pekalongan, Cirebon & Madura.
Hmm tapi ga hanya batik aja ya kain dari budaya Indonesia yang patut kita banggakan Masih banyak lagi loh kain-kain tradisional lainnya dari daerah2 di nusantara ini yang ga kalah bagusnya! Seperti kain songket, ulos, ikat, jumputan, dan lain2 sebagainya yang masih banyak lagi sampai2 gw ga hapal loh?! Hehe :p
Yah gw hari ini ga keluar deh, padahal hari ini, tanggal 2 Oktober, semua warga Indonesia memakai batik! Jadi cuma bisa liat di tv2 aja deh. Huhu.. Yah gw berharap batik Indonesia terus maju dan dipakai terus sehari-hari. Ga hanya kalo untuk kondangan aja ya.. Hehe..
HAPPY BATIK DAY INDONESIAN!!!

Tidak ada komentar: